Thursday, January 10, 2013

Formasi Terkuat dalam Sepakbola

Sepakbola adalah permainan atau olahraga yang dimainkan oleh 11 orang pemain. Dimana para pemain ini harus bisa bergerak dengan koordinasi yang rapi dan efisien dalam menyerang maupun bertahan.
Lalu formasi apa yang akan Anda gunakan jika Anda adalah seorang pelatih sepakbola ???


Ada begitu banyak pilihan formasi yang bisa kita pilih, namun formasi mana yang sebenarnya terkuat jika seluruh pemain mampu menjalankannya ???

"Beberapa pelatih sering memakai formasi 4-4-2 atau 4-3-3 semata-mata hanya karena pemain mereka lebih menguasai formasi itu. Padahal jika Saya boleh memilih formasi ideal maka formasi 4-1-2-3 adalah pilihan Saya." kata Arsene Wenger, pelatih asal Perancis ini mengakui jika dia punya materi yang pas maka dia akan memakai formasi 4-1-2-3, namun dia sering kehilangan pemain bintangnya yang hijrah ke klub lain, sehingga dia harus merubah taktik terus-menerus agar pemainnya bisa tampil baik dilapangan.

"Formasi ini bertujuan untuk melakukan serangan  terhadap lawan dengan memfokuskan pertahanan dan mengoptimalkan lapangan tengah kedepan untuk menyerang. Yaitu dengan menempatkan 4 pemain bertahan, 1 pemain tengah bertahan sekaligus sebagai playmaker, 2 pemain tengah menyerang dan 3 pemain menyerang."


Syarat-Syarat Formasi ini :
  • 2 Pemain Bek Tengah harus kokoh.
  • 2 Pemain Bek Sayap harus pintar melakukan overlap dan memiliki kecepatan berlari.
  • 1 Pemain Gelandang Tengah yang rajin membantu pertahanan dan mampu menyusun serangan dengan baik atau menjadi roh permainan.
  • 2 Pemain Gelandang Serang yang agresif dan memiliki passing akurat.
  • 2 Pemain Sayap yang lincah, crossing akurat, dan mampu merusak pertahanan lawan.
  • 1 Pemain Striker yang haus gol dan penyelesaian akhir mematikan.
  • Serta pemain Cadangan yang sepadan dengan tim utama.
Bahkan pelatih-pelatih klub besar Eropa lain seperti Sir Alex Ferguson, Roberto Mancini, Jose Mourinho ataupun Pep Guardiola setuju jika formasi 4-1-2-3 adalah formasi yang terkuat dalam sepakbola, tentu saja jika ditunjang dengan kualitas pemain yang menjalankan formasi itu.
"Akan sangat sulit mengalahkan tim dengan formasi ini, dimana 5 orang akan menyerang dan 5 orang lagi bertahan, formasi yang sangat ideal dan impian Saya bisa menerapkan taktik ini kepada pemain saya.", ujar Arsene Wenger.


Formasi ini hampir sama seperti formasi 4-3-3, hanya saja seorang gelandang sedikit mundur kebelakang untuk membantu pertahanan, sehingga lini belakang lebih kuat ketika mendapat serangan lawan.
Pergerakan seluruh pemain sangat membantu dalam pengembangan formasi ini, dan akan sangat efektif jika dimainkan dengan umpan-umpan pendek serta sesekali melakukan umpan jauh.


7 comments: